Mau Touring? Baca Kode-kode Ini




KOMINITAS sepeda motor kian merajalela. Nah bagi anda yang ingin bergabung atau malah baru saja bergabung dengan sebuah komunitas sepeda motor, anda harus tahu kode atau sandi-sandi touring.



Jangan heran kalo ngelihat ada 'bahasa tubuh' alias sinyal-sinyal tangan-kaki bermunculan di tengah-tengah rombongan biker yang lagi konvoi di jalan. Itu namanya kode touring

Kode ini adalah acuan bagi para biker biar kompak dalam rombongan en terhindar dari kecelakaan. Nah, berikut 10 kode-kode touring yang berhasil dirangkum MTC dari berbagai sumber.
  1. Tangan kiri diangkat ke atas dan dikepal Artinya: Berhenti, Bro! 
  2. Tangan kiri mengacungkan angka 1 atau 2  Artinya: Bikin 1 barisan kalo yang diacungkan angka 1 (jari telunjuk) atau 2 barisan kalo yang diacungkan angka 2 (jari telunjuk dan jari tengah). 
  3. Kaki kiri atau kaki kanan turun Artinya: Kaki kiri turun berarti jalanan berlubang di sebelah kiri. Kaki kanan turun berarti jalanan berlubang di sebelah kanan. 
  4. Kedua kaki diturunkan Artinya: Ada polisi tidur, jalan ngga rata atau rusak. Jadi mendingan turunin kecepatan en hati-hati.
  5. Jari tangan kiri tunjuk arah Artinya: Kalo jari tangan kiri tunjuk ke arah kiri berarti aba-aba belok kiri. Jari tangan kiri tunjuk ke kanan berarti aba-aba belok kanan. 
  6. Tangan kiri diangkat, kelima jari dibuka terus diayun-ayun kedepan-belakang Artinya: Rombongan mulai maju. Atau kalau pas lewat perempatan/pertigaan,rombongan tidak berhenti tapi tetap jalan dengan kecepatan konstan. 
  7. Tangan kiri diangkat, dikepal lalu buka kelima jari (dilakukan berulang-ulang) Artinya: Hati-hati dan kurangi kecepatan. 
  8. Kedua kaki turun-naik, pergelangan kaki bergerak ke kanan-kiri berulang-ulang Artinya: Jalan di depan licin, mendingan turunin kecepatan dan hati-hati. Pokoknya ikuti jalur leader saja. 
  9. Tangan menunjuk ke arah tangki bensin Artinya: Waktunya isi bahan bakar. 
  10. Tangan dikepalkan terus dilambaikan ke kiri Artinya: isyarat buat berhenti dan minggir, baik untuk minum atau istirahat sejenak. 
Nah... ini adalah sepuluh kode / aba - aba yang diberikan oleh tim reader saat melakukan perjalanan touring dengan kendaraan roda dua tentunya.
SELAMAT BER-TOURING RIA...

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan comment untuk membangun perbaikan blok ini.