OLEH - OLEH DARI CIANJUR SELATAN

Pantai Jayanti, yang mana patai ini terletak di Cianjur Selatan. Perjalanan malam yang mengasikan penuh tantangan dan ketegangan, menembus pekatnya kabut malam, menyibak hitam rimbun pepohonan, serta mengarungi perkebunan teh yang luas. Jalanan yang terjal berbatu, seringkali roda-roda motor kami harus menghindari lobang, tetapi juga sering kami harus menikmati kubangan-kubangan yang ada disepanjang jalan yang kami lalui. Jalanan yang kelok berliku naik serta turun pebukitan adalah kenikmatan tersendiri bagi petouring roda dua.
Pantai indah nan mempesona, deboran ombak yang menghantam batu karang adalah obat bagi kami yang telah semalam suntuk kelelahan duduk mengendarai sepeda motor. Rasa lelah capai serta kantuk sirna sudah kala kaki-kaki ini menginjakan pasir pantai nan basah, rasa segar menerpa kala riak-riak air laut menyapa dan menggelitik jemari kaki kami.

Sementara kami menikmati pemandangan laut lepas....silakan anda menikmati klik photo oleh-oleh kami:

Photo dari keberangkatan, ditempat tujuan, serta pulang...silakan amati dan beri komen....heheheh



Rasanya ingin berlama-lama menemani dan bercerita tantang perjalan panjang yang berliku, tentang ombak yang bergulung-gulung, tentang si kumang yang jarang aku temui disini, namun itu semua adalah gambaran dimana sebenarnya hati kami tak rela untuk pergi meninggalkan pantai yang hanya beberapa saat kita jumpai. Masih ada hari esok, inilah kata terakhir yang membuat kami harus berpisah dengan pantai yang indah ini, untuk bertemu kembali di waktu lain.

SAMPAI JUMPA
Selengkapnya...

Safety Riding.. Apaan sih?

Kondisi seperti saat ini membuat sepeda motor menjadi pilihan paling praktis dan ekonomis sebagai alat transportasi baik pribadi maupun keluarga.
Kemampuan melalui jalan yang relatif kecil (selap selip) seakan membuat motor menjadi kendaraan ‘bebas macet’ dan efektif, sementara itu juga konsumsi BBM yang sangat irit membuat kendaraan ini sangatlah ekonomis.

Namun sayang juga ketika demikian mudahnya memperoleh sepeda motor, tetapi tidak dibarengi dengan kesadaran untuk belajar berkendara dengan baik dan aman. Masih banyak kita lihat orang mengendarai motor dengan sekencang-kencangnya, atau sangat lambat dan lain-lain yang membahayakan dirinya juga orang lain disekitarnya.
Menurut survey tim safety riding course, lebih dari 50% kecelakaan sepeda motor disebabkan oleh faktor manusia itu sendiri, selain faktor kendaraan dan lingkungan.

Mungkin disinilah perlunya kita ikut suatu klub motor. Apakah itu klub motor sejenis maupun klub motor berbagai merek, yang penting adalah klub yang bisa membina kita menjadi bikers yang baik dan tertib.
Klub motor yang baik salah satunya adalah klub yang peduli dengan keselamatan dan keamanan berkendara.
Beberapa klub yang saya kenal, melakukan acara khusus untuk melatih dan memberi pencerahan tentang keselamatan dan keamanan berkendara. Bahkan untuk menggelar acara tersebut dilibatkan juga beberapa vendor sebagai sponsor, yang artinya semua sepakat akan pentingnya keselamatan.

Safety Riding ! Sama halnya dengan istilah Safety Driving bagi pengguna mobil, istilah Safety Riding mengacu kepada perilaku berkendara yang secara ideal harus memiliki tingkat keamanan yang cukup bagi diri sendiri maupun orang lain.

Dalam pelatihan Safety Riding, disajikan dalam teori dan praktek.
Umumnya dalam teori dijelaskan seputar keselamatan berkendara, pentingnya pemanasan tubuh saat hendak berkendara, kesiapan kendaraan, posisi berkendara yang ideal, dan lain-lain.

Kesiapan berkendara yang diperlukan untuk sepeda motor antara lain:

* Sarung Tangan, sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menutupi kedua belah tangan dan bahan yang dapat menyerap keringat serta tidak licin saat memegang grip/handle motor.
* Jaket, sebaiknya mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan baik kecil maupun besar.
* Helm (minimal Half Face), sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala, poin inilah yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers pengguna helm ‘catok’ dan sejenisnya.
* Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki.

Secara umum untuk pelatihan praktek Safety Riding diajarkan:

-Teknik pengereman dengan hanya mengandalkan rem depan, rem belakang, dan kombinasi keduanya. Teknik ini untuk membiasakan bikers untuk membedakan fungsi dua sisi rem saat hendak berhenti ber-akselerasi.

-Teknik “slalom” dengan cone di lintasan. Teknik ini untuk melihat kemampuan peserta menikung dengan cepat dari sisi kiri ke kanan dan sebaliknya dengan asumsi kendaraan sedang src=”http://www.saft7.com/techtips/safetyriding/safetyriding-03.jpg” />

-Teknik berjalan di lintasan ala “bumpy-road” , teknik ini untuk membiasakan bikers untuk memberi kenyamanan saat jalan tidak mulus atau bergelombang.

-Teknik berkendara di lintasan lurus dan sempit berupa bilah dengan asumsi kendaraan berjalan di jalan kecil dan diliputi kemacetan. Teknik ini untuk membiasakan diri bagi bikers untuk tetap dapat melakukan handling tanpa menurunkan kaki dalam kecepatan rendah.

Perangkat keamanan semacam decker lutut dan siku plus helm menjadi wajib untuk peserta pelatihan Safety Riding.

Dari materi-materi seperti inilah diharapkan muncul niatan dari para pengendara untuk membiasakan diri sendiri memberi upaya keselamatan berkendara. Gampang-gampang susah, itu ternyata pendapat yang muncul di benak peserta setelah semua sesi praktek dilapangan dilakukan.
Dari sekian banyak poin yang dipelajari peserta semua memiliki arti masing-masing dengan kesimpulan bahwa keselamatan berkendara amatlah dibutuhkan untuk mengurangi angka kecelakaan dijalan. Ya ! Semua dimulai dari diri sendiri, alangkah baiknya jika hasil kursus singkat ini dapat dibagi dengan rekan-rekan lain sesama pengendara.

Buktikan bahwa kita mampu berkendara dengan baik, tidak sembrono, tidak ugal-ugalan, patuh lalu-lintas, dan menghormati sesama pengguna jalan serta memberi contoh positif kepada sesama pengguna jalan.

Safety is Everything bro !

[1] www.inbike.org and [2] http://inbike-2006.fotopic.net/

Article printed from saft7.com: http://saft7.com

URL to article: http://saft7.com/?p=198

URLs in this post:
[1] www.inbike.org: http://saft7.com/go.php?http://www.inbike.org/
[2] http://inbike-2006.fotopic.net/: http://saft7.com/go.php?http://inbike-2006.fotopic.net/ Selengkapnya...